sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Cara Membuat Desain Baju Melalui Sketsa Mode

Dalam dunia fashion, desain baru di presentasikan dan ditampilkan dalam bentuk sketsa mode yang digambar secara manual dengan tangan, sebelum ke proses selanjutnya. Sketsa dilakukan agar pemotongan kain dan penjahitan desain, benar-benar dapat terealisasi sesuai harapan. Karena kain memiliki berbagai macam jenis dan harganya. Sehingga untuk dilakukan pembuatan busana, tidak mungkin secara sembarangan dan asal-asalan.

Membuat sketsa mode memang tergolong mudah, namun juga tergolong rumit. Karena biasanya sketsa benar-benar menampilkan dan menghidupkan suatu detail gambar yang ada dikerahkan dengan goresan di atas kertas atau kanvas putih. Cara membuatnya pertama-tama, Anda perlu menorehkan suatu sketsa dasar di dalam kain dan kertas putih, yaitu bentuk pola dasar berupa tubuh seorang model (croquis) yang menjadi dasar dalam desain suatu sketsa. Intinya adalah bukan menggambar pola bentuk tubuh yang terlihat realistis, tetapi sebuah kanvas putih kosong untuk menunjukkan ilustrasi gaun, rok, blus, aksesoris dan seluruh maha karya Anda. Tambahkan warna, motif, dan detail lainnya seperti renda, mutiara, lapisan, dan kancing, untuk membantu Anda menumpahkan ide yang ada dalam benak Anda.

Untuk lebih rincinya, berikut cara-cara memulai membuat sketsa. Yaitu:

Baca juga: Model Baju Pesta Wanita Terbaru 2017

  • Menyiapkan peralatan

Siapkan pensil H, pen, penghapus, dan kanvas atau kertas putih. Jika tidak ada pensil H, usahakan untuk memilih pensil yang bisa menghasilkan garis sketsa yang tidak gelap dan mudah dihapus. Dan juga untuk memilih dasar kertas atau kanvas, usahakan untuk memilih bahan yang tebal. Pen dianjurkan setelah semua gambar berhasil. Pen hanya untuk memperjelas dan memberikan efek-efek dramatik.

  • Menentukan pose sketsa

Pada umumnya semua orang memulai pose dengan gaya ketika seorang model berdiri berjalan di stage runway. Karena pose seperti ini memang mudah untuk digambar dibuat ilustrasinya. Cobalah untuk berlatih membuat crquis dengan proporsi yang tepat dan sesuai. Latihlah kemampuan illustrator Anda sebanyak mungkin. Sehingga kemampuan dapat terasah dan mendapatkan hasil sketsa yang sempurna.

  • Menggambar croquis dengan teknik yang lain

Menggambar sesuai dengan diri kita sendiri memanglah hal yang diinginkan. Karena memang akan sesuai dengan harapan kita. Namun tak semuanya seperti itu. Untuk itu ada beberapa hal cara cepat yang dapat dilakukan. Diantaranya adalah:

Menjiplak croquis yang ada dari sebuah gambar atau sebuah majalah.

Mencari di internet dan memprintnya. Dengan seperti itu, contoh yang akan dibuat memang sesuai dengan keinginan kita.

  • Cara menggambar pose sketsa.
  • Tempatkan pose Anda secara jelas di dekat kertas atau di dekat pandangan Anda.
  • Buatlah kepala dan garis hingga membentuk sebuah bentukan seorang manusia.
  • Kemudian tambahkan bagian dada dan pinggul.
  • Panjangkan batang tubuh supaya benar-benar membentuk tubuh manusia yang asli.
  • Perhatikan garis lengkung di setiap sisi.
  • Bentuk leher dan wajah model tersebut.
  • Lakukan penggambaran dari kepala hingga kaki.
  • Buatlah kreasi sketsa mode yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme