Categories
Fashion

Bingung Memilih Sepatu Safety yang Tepat? Ini Dia Tipsnya!

Bagi para pekerja di Industri, tentu tidak boleh menggunakan penggunaan sepatu safety. Seringkali para pekerja terlalu asik mengabaikan, hingga akhirnya kesalahan fatal yang terjadi.

Safety shoes sendiri secara langsung akan memengaruhi kesehatan, keselamatan serta tingkat produktivitas karyawan dalam bekerja. Hingga menjadi salah satu hal terpenting pada alat pelindung diri (APD).

sepatu safety

Selain bertujuan untuk menjaga keselamatan diri, pemilihan safety shoes harusnya memperhatikan faktor kenyamanan penggunanya.

Nah, disini kita akan sedikit membahas mengenai jenis dari sepatu safety hingga pemilihan sepatu yang nyaman untuk dikenakan.

Bingung Memilih Sepatu Safety yang Tepat? Ini Dia Tipsnya!

  1. Perhatikan ukuran

Sebenarnya untuk sepatu jenis apapun pilihlah ukuran yang tepat dengan ukuran kaki kita. Disamping membutuhkan kenyamanan saat digunakan, pemilihan ukuran sepatu dapat meminimalisir cedera.

Untuk safety shoes juga begitu, pilih ukuran standar yang sesuai dengan kaki Anda. Mengukur dan menyediakan waktu khusus dalam memilih alat pelindung diri sangatlah penting sebelum akhirnya Anda membelinya.

Agar tidak merasa salah pilih, Anda bisa cari tahu dulu informasinya secara online atau dengan melakukan survey langsung ke tempat atau toko yang menjual APD.

Jika berencana untuk menggunakan kaos kaki yang tebal, Anda bisa membeli ukuran yang lebih besar sedikit dari kaki Anda.

sepatu safety

  1. Pilih dari jenis kulit

Terdapat survey bahwa safety shoes yang paling aman adalah yang terbuat dari kulit asli. Alasannya bahan ini memanglah yang paling cocok untuk pekerjaan di industri, khususnya untuk pekerjaan lapangan.

  1. Memilih safety shoes berdasarkan lingkungan tempat kerja

Tidak hanya penyesuaian bahan saja. Untuk jenis pekerjaan atau industry tertentu, akan menggunakan safety shoes yang mungkin agak berbeda dari biasanya.

Intinya, karena memang tujuannya untuk melindungi pekerja dari bahaya pergelangan kaki terkilir, adanya benturan, kejatuhan benda, dan lain-lain. Pasti dan harus memilih sepatu dengan desain kuat dengan pergelangan kaki yang tinggi.

sepatu safety

Jika Anda lebih banyak bekerja pada permukaan basah, pilihlah jenis sepatu yang tahan air. Jika Anda lebih banyak bekerja yang berhubungan dengan cairan kimia, pilihlah tipe sepatu boot untuk melindunginya dari percikan bahan.

Penggunaan sepatu safety juga dianjurkan bagi para pekerja proyek pekerjaan sipil atau yang lainnya.

  1. Konsultasikan terkait material

Selain melakukan konsultasi terhadap merek yang terbaik, Anda perlu mencari informasi mengenai material dari safety shoes yang akan Anda kenakan nantinya.

Atau jika memang dalam skala perusahaan, lebih baik Anda konsultasikan kepada pihak perusahaan lain yang sudah lebih dahulu dan berpengalaman dalam memilih safety shoes.

Tidak hanya masalah harga sepatu safety saja yang menjadi bahan pertimbangan. Memutuskan untuk menggunakan bahan jenis apa juga harus dipikirkan.

Misalnya saja jika bahan kulit yang dipilih, tentunya dari material ini memiliki berat yang lebih dibandingkan jenis lain. Atau bisa jadi Anda memutuskan untuk mengkombinasikan bahan lainnya.

  1. Memilih kualitas dan ketahanan sepatu

Memikirkan tentang kualitas dan ketahanan safety shoes juga termasuk hal yang penting. Tingkat ukur dari kualitas bahannya ada pada teknologi yang digunakan dalam pembuatan sepatu tersebut.

Bila Anda bekerja pada bidang tambang, bangunan ataupun pabrik kimia, akan sangat pas bila memilih sepatu yang berbahan dasar PVC. Apalagi jika yang berdasarkan bahan PVC Injection Technology.

  1. Pilih brand ternama

Brand ternama untuk seri sepatu safety juga bisa dijadikan acuan dalam pemilihanya. Biasanya brand ternama akan senantiasa menjaga kualitas walaupun memang harganya jauh lebih mahal.

Namun, jika memang sudah nyaman apa salahnya untuk setia bukan? Ini penting karena memang kenyamanan menjadii faktor penting dalam beraktivitas.