sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Berbagai Macam Aksesoris yang Digunakan dalam Pemakaian Baju Adat Betawi Lengkap

Betawi adalah salah satu dari banyaknya suku yang ada di Indonesia, secara otomatis mereka pasti mempunyai kebudayaan dan adat yang berbeda dengan lainnya. Misalnya saja pada baju adat Betawi yang sampai saat ini masih eksis digunakan, khususnya mereka yang melakukan pernikahan adat. Selain pada moment tersebut sebenarnya banyak juga yang menggunakan pakaian adat Jakarta tetapi tidak semua orang memahami dengan baik jika pakaian tersebut memang ciri khas daerah tersebut. Bukan saja model pakaiannya tetapi juga beberapa aksesoris yang sering digunakan tidak diketahui dengan baik.

 Berbagai Macam Aksesoris yang Digunakan dalam Pemakaian Baju Adat Betawi Lengkap

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam aksesoris serta model pakaian khas Betawi apa saja yang masih eksis sampai saat ini. Bagi Anda yang penasaran silahkan simak ulasan berikut ini:

Baju sadariah.

Untuk pertama ada jenis baju koko yang sering digunakan oleh masyarakat betawi pada umumnya. Walaupun secara sekilas memang tidak nampak adanya perbedaan karena hanya menggunakan pakaian pria saat ibadah saja. Tetapi masyarakat betawi menggunakan pakaian tersebut bukan pada saat beribadah saja tetapi juga dalam kesehariannya. Sadariah adalah nama lain dari pakaian adat yang mirip dengan koko tersebut.

Baca Juga : 3 Pengaruh Budaya Asing Pada Baju Adat Betawi

Celana batik.

Yang kedua ada jenis celana yang sangat sering digunakan oleh masyarakat betawi yaitu celana batik. Ciri khas pada celana satu ini adalah pada corak dan modelnya yang menggunakan kolor seperti pada umumnya. Dalam keseharian memang sangat nyaman digunakan, umumnya bermotif putih, coklat dan sedikit hitam.

Baju kurung.

Dari wanita ada jenis baju adat yang disebut baju kurung, sekilas memang hampir mirip dengan kebaya jawa. Tetapi dalam pemakaian baju adat betawi satu ini memang sedikit berbeda karena menggunakan kain yang sedikit mencolok atau selendang. Untuk beberapa cara resmi atau adat sering digunakan para perempuan betawi asli.

Kain sarung.

Untuk perpaduan dari baju kurung yang digunakan oleh masyarakat Betawi tersebut menggunakan kain sarung. Hampir sama dengan kain batik pada Jawa tetapi mempunyai corak khas yang berbeda seperti geometri dan warna-warna khas yang cerah.

Peci.

Item yang tidak boleh ketinggalan untuk ciri khas masyarakat Betawi adalah penggunaan kopyah atau peci. Umumnya jenis topi tersebut mempunyai bahan bludur dan warna hitam, ini menjadi ciri khas tersendiri.

 

Diatas merupakan contoh busana adat keseharian masyarakat Betawi, berbeda lagi yang digunakan para pengantin ataupun orang bangsawan. Dalam satu suku saja sudah ada beberapa jenis pakaian adat, hal ini semakin membuktikan bahwa memang Indonesia sangat kaya akan budaya dan ciri khasnya. Makanya sebagai salah satu warga yang baik sepatutnya Anda ikut melestarikannya. Bukan hanya pada jenis baju adat betawi saja tetapi juga baju adat daerah lainnya, minimal mengenal dan memahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme