sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Beragam Baju Adat Betawi yang Harus Anda Ketahui

Betawi merupakan salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia. Suku Betawi ini merupakan suku yang mendiami Jawa Barat selain suku Sunda. Suku betawi merupakan suku yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Mulai dari aksen atau logat berbicara, baju adat Betawi juga dapat mudah temui di Indonesia karena masyarakat suku Betawi juga mengalami perpindahan dari Sabang hingga Merauke. Tak khayal jika ada sangat mudah menemukan orang suku Betawi di Indonesia, bahkan mungkin ada dari keluarga atau tetangga Anda yang menikah dengan orang suku Betawi.

Dengan mudahnya menemukan orang-orang suku Betawi tentunya sangat banyak budaya atau adat yang dapat kita ulas. Namun pada pembahasan kali ini, kami akan membahas ragam baju adat Betawi yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasannya:

  • Pakaian sehari-hari pria betawi

Pada umumnya laki-laki Betawi akan menggunakan baju koko atau yang mereka sebut dengan baju sadariah polos dengan celana komprang atau celana kolor batik biasanya berwarna coklat. Sabuk hijau, peci merah serta sarung yang dilipat dan digantungkan di undak menjadi ciri khas pria betawi

  • Pakaian sehari-hari perempuan Betawi (Baju Kurung)

Biasanya perempuan betawi akan menggunakan baju kurung dengan lengan pendek. Tak jarang mereka memodifikasi dengan memberikan kantong atau saku pada bagian depan. Biasanya baju kurung ini berwarna mencolok seperti fusia, pink, toska, biru, merah. Pada bagian bawah perempuan betawi biasanya menggunakan rok span atau kain sarung bermotif batik geometri dengan warna cerah yang dipadukan dengan baju yang digunakan. Sebagai ciri khas perempuan Betawi biasanya menggunakan selendang polos sebagai kerudung.

  • Pakaian ujung serong

Pakaian ini akan mudah Anda jumpai di DKI Jakarta karena pakaian ini telah diresmikan sebagai pakaian dinas untuk acara-acara resmi di Jakarta. Dulunya pakaian ujung serong hanya digunakan oleh bangsawan-bangsawan pria, sementara kaum perempuan tetap menggunakan baju kurung akan tetapi dilengkapi dengan perhiasan seperti kalung, anting, gelang dan cincin.

  • Baju pernikahan pria

Pakaian yang mengadobsi dari Melayu, Tionghoa dan Arab ini dinamai sebagai Dandanan Care Haji, yakni mempelai pria menggunakan jubah berwarna merah berbahan bludru serta penutup kepala yang bernama Alpie yang dilengkapi dengan aksesoris manik-manik berwarna emas.

  • Baju pernikahan perempuan

Sementara pengantin perempuan menggunakan riasan dengan nama Dandanan Care None. Baju adat betawi yang digunakan oleh mempelai perempuan ini menggunakan blus model Cina berwarna terang dan menggunakan rok bernama Kun dengan model duyung atau lebar dibawah. Selain itu yang menjadi ciri khas adalah hiasan kepala menggunakan kembang goyang dengan motif burung hong serta sanggul yang dilengkapi dengan cadar. Selain itu pengantin perempuan juga dilengkapi dengan perhiasan-perhiasan seperti kalung besar, gelang listring serta hiasan manik-manik pada bagian dada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme