Beberapa Alasan Mengapa Fashion Eropa Bisa Mendunia
2017 Jul 03 By admin 0 comment

Daratan Eropa menjadi pusat kiblat fashion dunia. Banyak sekali pengaruh dari Eropa di bidang fashion yang membawa perubahan bagi perkembangan fashion dunia. Berbagai terobosan di bidang fashion banyak muncul dari negara-negara Eropa. Meskipun Eropa tidak memiliki Hollywood seperti halnya Amerika, namun fashion dari daratan Eropa seakan memiliki caranya tersendiri untuk dapat diterima oleh dunia. Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa gaya berbusana orang Eropa banyak diadopsi oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia lainnya. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa faktor dan alasan mengapa fashion Eropa bisa mendunia dan dijadikan sebagai salah satu kiblat fashion dunia.

Baca juga: Gaya Fashion Eropa untuk Wanita

Eropa Memiliki Banyak Kota Mode

Eropa memiliki beberapa kota yang menjadi kiblat fashion dunia. Kota Milan di Italia dan Kota Paris di Perancis hanyalah beberapa negara Eropa yang dijadikan sebagai kiblat fashion. Predikat kota mode tentu tidak diberikan secara sembarangan. Sebuah kota mode umumnya merupakan kota yang sangat mendukung perkembangan fashion, entah itu dari fasilitas yang menunjang, banyaknya festival busana atau pagelaran yang diselenggarakan secara kontinyu di kota tersebut, dan keberadaan berbagai media yang mendongkrak popularitas model yang tinggal di kota itu. Bagaimanapun, perkembangan fashion tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan banyak faktor.

Fashion Eropa Sudah Memiliki Sejarah yang Panjang

Dibandingkan dengan darata benua lainnya, di Eropa, dunia fashion sudah memiliki sejarah yang panjang. Gaya berbusana Eropa, misalnya gaun yang dikenakan oleh Ratu Inggris, sudah memiliki sejarah yang cukup panjang, terutama terkait dengan terobosan di bidang desain dan pemilihan bahan. Tidak heran jika saat ini Eropa menjadi kiblat fashion dunia, sebab fashion di Eropa sudah memiliki sejarah yang cukup panjang.

Eropa Memiliki Empat Musim

Ada faktor eksternal yang juga mempengaruhi penyebaran gaya busana Eropa sehingga mudah diterima oleh negara-negara lain di dunia. Salah satu faktor yang cukup besar adalah karena Eropa memiliki empat musim. Dengan memiliki empat musim, otomatis akan semakin banyak item fashion dan berbagai model pakaian yang diciptakan, berdasarkan musim-musim di negara tersebut. Misalnya, pakaian musim panas di Eropa dapat diadopsi menjadi pakaian musim panas di negara lainnya yang cenderung beriklim tropis. Sementara untuk negara yang beriklim sejuk, dapat mengadopsi pakaian musim dingin khas Eropa. Ada banyak pilihan dari desain pakaian Eropa yang cocok diterapkan di belahan bumi lainnya.

Selain faktor-faktor dan alasan yang telah disebutkan di atas, hal yang mendukung kemajuan fashion Eropa adalah banyaknya pagelaran mode atau peragaan busana yang digelar di berbagai kota di Eropa juga menjadi daya tarik tersendiri bagi desainer dan penggemar fashion dari belahan dunia lainnya. Di Eropa, hampir setiap waktu ada pagelaran busana dengan skala internasional. Hal ini tentu akan sulit ditemukan di benua-benua lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *