sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Baju Adat, Ciri Khas Masyarakat Indonesia yang Harus Dilestarikan

Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari berbagai gugusan pulau-pulang yang berjajar secara runtut dari Sabang hingga Merauke. Dari berbagai rangkaian pulau inilah tercipta berbagai kebudayaan dan keberagaman adat istiadat didalamnya. Kebudayaan dan adat istiadat yang beragam dari masyarakat Indonesia inilah yang kemudian memunculkan berbagai tatacara dan budaya yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Salah satu keberagaman yang secara real dapat kita lihat di berbagai daerah di Indonesia adalah adanya perbedaan model baju adat dari satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Perbedaan dalam tatacara berbusana di wilayah Indonesia, pada umumnya memang lebih banyak dipengaruhi oleh budaya serta typography dari wilayah atau daerah tersebut.

Tidak hanya masyarakat antar pulau saja yang memiliki perbedaan dalam hal berbusana, namun masyarakat Indonesia yang hidup dalam satu pulau pun, juga memiliki tatacara berbusana yang berbeda, hal ini lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan hidup yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia. Bahkan baju tradisional di masing-masing daerah di Indonesia, lebih sering dijadikan sebagai lambang dan simbolis dari kehidupan masyarakat didalamnya. Selain simbol baju tradisional juga dapat menggambarkan cara hidup dan tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat dimana baju tersebut berasal.

Baca juga: 6 Jenis Baju Adat Jawa untuk Wanita dan Pria yang Masih Populer Hingga Saat Ini

Berikut ini beberapa baju adat dari beberapa wilayah di Indonesia yang menjadi simbol dari kehidupan dan kebiasaan dari masyarakat tempat baju tradisional tersebut berasal, yang antara lain adalah:

  1. Ulee balang yang merupakan baju tradisional masyarakat Aceh, baju tradisional masyarakat Aceh ini pada umumnya banyak digunakan oleh mereka yang masih tergolong sebagai kerabat kerajaan.
  2. Pakaian tradisional masyarakat Bali, baju tradisional ini lebih sering digunakan oleh masyarakat Bali ketika melakukan peribadatan sehari-hari. Baju dengan ornamen yang kental dengan agama Hindu ini memang menggambarkan kebiasaan masyarakat Bali yang religius.
  3. Jawa tengah, dengan baju kebaya merupakan pakaian tradisional yang tidak hanya dikenal di Indonesia, bahkan pakaian ini sudah banyak digunakan dalam fashion-fashion Internasional.

Selain baju tersebut diatas, masih banyak lagi baju tradisional asli masyarakat Indonesia yang memang dapat melambangkan cara hidup dan kebiasaan masyarakat yang tinggal didaerah tersebut. Sudah selayaknya kita sebagai masyarakat Indonesia terus mengenal dan melestarikan baju tradisional masyarakat Indonesia, sehingga keberagaman yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia tetap dapat terjaga dengan baik.

Baju adat dari masyarakat Indonesia ini merupakan warisan budaya yang memang harus terus kita lestarikan, agar nantinya dapat dikenal oleh anak cucu kita. Berbagai alternatif untuk melestarikan pakaian tradisional pun, kini sudah banyak kita temukan dilakukan oleh para pelaku bisnis fashion di Indonesia sebagai wujud kepedulian mereka terhadap kebudayaan dan keberagaman di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme