sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Baju Adat Betawi yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Pengaruh era globalisasi atau pasar bebas dampaknya memang sangat besar kepada masyarakat di dalam negeri, salah satunya adalah dengan masuknya budaya asing ke Indonesia, hal ini rentan juga menyebabkan banyak sekali perubahan, seperti percampuran budaya hingga banyak diantaranya budaya Indonesia yang mulai menghilang, salah satunya bisa dilihat dari model dalam berpakaian yang sudah mulai berubah, dari dulunya yang serba tertutup hingga sekarang ini banyak dipengaruhi oleh budaya Barat menjadi kian terbuka. Namun juga tak memungkiri bahwa masih banyak pula diantara masyarakat yang masih melestarikan pakaian adat mereka, salah satunya adalah baju adat Betawi.

Mungkin sebagian banyak diantara Anda sendiri hanya tau lewat gambar yang ada, atau ketika tengah diadakan sebuah parade budaya, dimana banyak diantaranya yang menggunakan kostum pakaian adat ini. Padahal sebuah pakaian tersebut menyimbolkan budaya mereka yang pastinya akan diwariskan hingga anak cucu untuk berabad-abad mendatang, jika sekarang sudah mulai menghilang tentunya banyak diantara mereka yang sudah tak mengenal nantinya.

Baca juga: Inilah Beberapa Baju Adat Indonesia yang Dikenal Hingga ke Mancanegara

Baju adat Betawi ini sangat identik dengan masyarakat Jakarta asli, karena suku Betawi pada dasarnya memang menghuni kawasan Jakarta. Berikut ini ada beberapa jenis pakaian adat yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Baju koko, siapa bilang pakaian yang satu ini berasal dari negara China, faktanya tidak, karena pakaian yang umum digunakan saat lebaran ini adalah khas atau asli dari Betawi, sebuah kemeja panjang dengan warna cerah dan juga tanpa corak, umumnya digunakan oleh kaum pria ketika akan pergi mengaji ataupun juga beribadah.
  2. Celana batik, batik sendiri memang identik dengan negara Indonesia, karena hampir setiap wilayah yang ada di Indonesia mengeluarkan batik buatan mereka sendiri, tak ubahnya dengan Betawi. Motif yang ditampilkan tidak terlalu ramai dan terkesan kalem, umumnya banyak dipakai untuk acara-acara keagamaan dan juga digunakan ketika sedang santai oleh para pria.
  3. Selendang, selendang dengan bentuk kotak-kotak ini salah satunya juga masuk sebagai item fashion mereka, biasanya digunakan oleh para pria untuk melengkapi penampilan, sedangkan untuk kaum wanita sendiri jenis selendang yang digunakan biasanya terbuat dari kain yang tipis sehingga tembus pandang.
  4. Baju kurung, baju dengan tambahan aksesoris kepada semacam kurungan ini umumnya banyak digunakan oleh para wanita Betawi yang akan melakukan serangkaian pertunjukan untuk upacara adat, seperti diantaranya adalah dengan menari. Juga banyak dipakai untuk upacara pernikahan.
  5. Baju dengan kerudung, mungkin sekarang ini modelnya diidentikkan dengan jilbab pashmina, dengan ukuran yang panjang. Banyak dipakai oleh suku Betawi asli untuk keseharian mereka.

Itulah beberapa jenis baju adat Betawi yang masih ada hingga saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme