sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

Agar Baju Koko Awet Bertahun-Tahun, Ini Dia Cara untuk Merawatnya!

Baju muslim setidaknya dimiliki oleh umat muslim minimal 1. Baju yang tidak hanya bisa digunakan untuk mendatangi pengajian namun juga bisa untuk ibadah ini kini memiliki banyak pilihan design dan warna termasuk untuk pakaian pria atau yang lebih dikenal dengan nama baju koko. Untuk merawat agar baju muslim pria tersebut bisa tetap digunakan dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa melakukan hal berikut ini.

 Agar Baju Koko Awet Bertahun-Tahun, Ini Dia Cara untuk Merawatnya!

Pertama adalah lihat tabel baju. Masing-masing baju muslim untuk pria menggunakan bahan yang berbeda dan umumnya di bagian label, seperti yang ada di bagian kerah atau baju bagian samping terdapat tulisan atau cara perawatan yang tepat. Misalnya baju tersebut tidak boleh disetrika. Kedua adalah bedakan yang berwarna putih dengan yang berwarna. Hal tersebut bertujuan agar baju yang warna putih yang Anda miliki tersebut tidak kelunturan warna dari baju lainnya yang berwarna. Pisahkan juga baju muslim yang terbuat dari bahan yang lembut dengan bahan yang agak kasar apalagi jika Anda akan mencucinya dengan menggunakan mesin cuci.

Ketiga adalah hindari mencuci dengan menggunakan air panas. Gunakan air dingin atau air dengan suhu ruangan karena mencuci menggunakan air panas bisa menyebabkan serat baju koko yang Anda miliki menjadi mengkerut sehingga tampilan baju menjadi kurang maksimal. Keempat adalah hindari untuk merendam terlalu lama. Perendaman terlalu lama bisa menyebabkan baju menjadi kurang enak baunya dan bisa menyebabkan deterjen masuk ke lebih dalam di bagian pori sehingga menyebabkan residu deterjen susah dihilangkan dan membuat Anda gatal-gala saat mengenakan. Untuk mempermudah menghilangkan busa sabun, Anda bisa memilih deterjen yang busanya tidak terlalu banyak.

Kelima adalah hindari untuk mengucek atau menyikat terlalu keras. Hal tersebut disebabkan karena mengucek atau menyikat yang terlalu keras tidak hanya bisa merusak serat baju muslim untuk pria yang Anda miliki namun juga bisa menyobek baju apalagi jika pakaian koko tersebut terbuat dari bahan yang tipis. Jika menggunakan mesin cuci, setting atau atur mesin cuci tersebut dengan putaran yang rendah sehingga tidak merusak serat kain.

Baca juga artikel menarik lainnya di sketsamode.com

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merawat baju koko adalah: 

  • Perhatikan saat Anda hendak menggunakan pemutih. Pemutih hanya dipergunakan untuk baju Anda yang benar-benar putih sehingga tidak menyebabkan belang di pakaian koko yang Anda cuci tersebut. Gunakan jenis pemutih yang mengandung bahan kimia yang rendah sehingga tidak hanya aman digunakan namun juga ramah lingkungan dan baju tetap awet tahan lama.
  • Saat mengeringkan baju muslim tersebut, jangan memerasnya terlalu keras karena bisa membuat serat baju menjadi rusak.
  • Jemur sesuai dengan bahan baju dan posisikan bagian dalam baju di balik menjadi bagian luar baju. Misalnya jika terbuat dari batik, keringkan dengan diangin-anginkan.
  • Simpan di lemari yang kering.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme