sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

7 Baju Adat Indonesia yang Menjadi Baju Pengantin

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beraneka ragam kebudayaan. Keanekaragamannya membuat bumi pertiwi memiliki banyak baju adat Indonesia. Keindahannya dan keunikannya menjadikan 7 baju adat dari beberapa provinsi ini dipilih sebagai saksi momen sakral pernikahan yang bersejarah bagi beberapa orang terlebih bagi mereka yang memiliki darah asli dari provinsi tersebut. Berikut 7 baju adat yang dimaksud.

7 Baju Adat Indonesia yang Menjadi Baju Pengantin

Nanggroe Aceh Darusalam (NAD)

Provinsi yang berada di ujung barat Indonesia memiliki baju adat yang bernama Ulee Balang. Dahulu kala baju ini digunakan oleh para bangsawan. Bahannya terbuat dari emas yang disulam ditambah dengan aksen logam mulia asli mempercantik desain baju ini sehingga pas digunakan untuk hari spesial Anda.

Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara didominasi oleh penduduk bersuku batak. Oleh karena itu ulos menjadi salah satu kain wajib yang harus digunakan dalam upacara-upacara adat termasuk saat pernikahan. Proses pembuatannya yang masih menggunakan tangan manusia menjadikan harga ulos kian menanjak tajam.

Sumatera Selatan

Baju adat Indonesia yang dimiliki oleh provinsi Sumatera Selatan menampilkan kesan keanggunan dan keagungan sebuah kerajaan. Memiliki warna dasar merah menambah kesan mewah ditambah dengan pernak-pernik aksesoris sehingga menonjolkan sisi anggun bagi mempelai wanita dan sisi gagah bagi mempelai prianya.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Provinsi yang terkenal dengan wisata keratonnya ini memiliki baju adat yang disebut dodotan. Baju adat ini merupakan pakaian yang biasa digunakan oleh pengantin yang memiliki garis keturunan orang Jawa. Tata rias yang digunakan bagi mempelai wanita sangatlah khas yaitu dengan paes ageng. Dahi mempelai wanita dihias dengan warna hitam dengan hiasan emas di pinggirnya. Sedangkan bagi mempelai pria menggunakan ukel ngore, cunduk mentul dan kuluk.

Daerah Khusus Ibukota (DKI)

Provinsi yang terkenal dengan suku betawinya ini memiliki baju adat yang sangat khas dan unik. Baju adat dari provinsi ini mempunyai ci khas yang sangat menonjol yaitu adanya perpaduan antar dua buah kebudayaan, antara kebudayaan Betawi dan China. Sehingga tidak asing apabila terdapat nuansa China di pakaian yang akan dikenakan oleh kedua mempelai.

Lampung

Dengan jumlah penduduk yang sangat heterogen dari berbagai kalangan masyarakat. Provinsi Lampung memiliki baju adat yang dapat dikenakan oleh siapa pun di acara pesta pernikahannya. Dengan atasan lengan panjang berwarna putih ditambah celana panjang berwarna hitam. Aksesoris sarung tumpal yang bersulamkan emas akan memberikan kesan mewah dan elegan bagi siapa saja yang memakainya. Selain itu tambahan aksesori kain dengan hiasan ringgit akan semakin membuat anggun penampilan pengantin perempuan.

Baca juga 3 Pengaruh Budaya Asing Pada Baju Adat Betawi

Papua Barat

Baju adat Indonesia yang terakhir dari Papua Barat. Dengan letak provinsi di ujung timur Indonesia, Papua Barat memiliki baju adat yang bernama Ewer. Bahan untuk membuat ewer tergolong sederhana dan sangat unik yaitu jerami kering. Hal inilah yang membedakan dengan provinsi lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme