sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

6 Jenis Baju Adat Jawa untuk Wanita dan Pria yang Masih Populer Hingga Saat Ini

Setiap suku yang ada di Indonesia dikenal dengan budayanya yang khas, tak hanya dari segi bahasa saja, melainkan juga pakaian yang dikenakan, semuanya memiliki ciri khas yang masih melekat hingga saat ini. Faktanya meskipun dikenal sebagai ere globalisasi dimana banyak hal baru yang masuk kedalam negeri, namun faktanya masih banyak diantara masyarakat Indonesia yang melestarikan budaya mereka, salah satunya adalah warisan dari suku mereka. Sebut saja diantaranya adalah baju adat Jawa. Meskipun sudah jarang digunakan untuk hari-hari biasa, namun kenyataannya masih banyak dipakai untuk beberapa acara khusus, seperti diantaranya adalah acara adat, pesta hingga pernikahan.

Anda bahkan dapat menemukan berbagai tampilan unik untuk maju masyarakat Jawa ini. Misalnya adalah dari segi pemilihan corak hingga modelnya yang cukup bervariasi. Sebagian diantaranya bahkan masuk sebagai salah satu baju yang sangat detain dan sulit untuk dibuat, seperti yang terbuat dari jenis kain kebaya. Berikut ini ada beberapa jenis baju adat Jawa yang wajib untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Kebaya, jenis busana yang satu ini masih banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya adalah kaum hawa di berbagai acar penting, seperti diantaranya ketika melangsungkan pernikahan, kemudian di acara kelulusan atau wisuda. Kebaya identik dengan jenis kain yang cukup rumit pembuatannya, bahkan di era modern seperti sekarang ini modelnya juga kian bervariasi.
  2. Beskap, khusus untuk busana adat tersebut hanya digunakan oleh para pria. Model pakaian tersebut banyak digunakan oleh mereka yang mengadakan acara Jaw Mataram, biasanya dalam bentuk persembahan-persembahan tertentu, istilahnya adalah kemeja untuk kaum-kaum bangsawan, salah satu ciri khasnya adalah warna putih.
  3. Surjan, khusus untuk Anda yang pernah mengunjungi Yogyakarta dan masuk ke beberapa Istana atau keraton pastinya akan melihat beberapa orang yang menggunakan pakaian berwarna coklat ini, umumnya mereka adalah abdi dalam istana tersebut.
  4. Jawi jangkep, pakaian yang satu ini digunakan oleh kaum pria yang ingin menikah, selain memakai pakaian dilengkapi dengan sebuah jarik, maka nantinya juga membawa beberapa jenis benda seperti diantaranya adalah keris yang diselipkan pada bagian belakang tubuh, sehingga terlihat lebih jantan.
  5. Basahan, busana Jawa yang umumnya dipakai ketika acara pernikahan dengan model agak terbuka, para pria tak mengenakan atasan, sedangkan model yang digunakan oleh wanita menyerupai sebuah kemben.
  6. Batik, Jawa juga memiliki sebuah batik khusus yang umum dijadikan sebagai busana adat, seperti motif awan, kemudian motif parang dan sejenisnya yang menjadi ikon mereka.

Penting untuk mengenal baju adat Jawa ini sehingga nantinya Anda juga tak kebingungan ketika ingin mengadakan acara pernikahan, ada banyak pilihan busana yang bisa dikenakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2017 Frontier Theme