sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

5 Cara Mudah Membedakan Gelang Perak Asli atau Palsu

Perhiasan adalah salah satu barang yang tidak bisa lepas dari kehidupan wanita. Selain berfungsi untuk mempercantik penampilan, barang ini juga dapat digunakan sebagai investasi untuk masa depan. Salah satu jenis perhiasan yang belakangan ini banyak dicari adalah gelang perak. Jika Anda termasuk orang yang sedang akan membeli perhiasan jenis ini, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya perhiasan yang Anda beli adalah barang asli dan bukan barang palsu.

5 Cara Mudah Membedakan Gelang Perak Asli atau Palsu

Membedakan mana perak yang asli dan tiruan memang bukan hal yang mudah, selain bertanya kepada penjual perhiasan yang Anda datangi, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui perak yang akan Anda beli asli atau palsu, antara lain:

  • Bunyi perhiasan perak.

Untuk mengetahui apakah gelang yang akan Anda beli adalah perhiasan perak asli atau palsu adalah dengan mengetes bunyinya, namun jika ingin menggunakan cara ini Anda harus memiliki perhiasan perak lain yang telah terbukti perak murni. Setelah itu, Anda bisa menjatuhkan perhiasan perak yang baru Anda beli ke ubin lalu dengar dan rekam suaranya. Lakukan hal yang sama pada perhiasan perak Anda yang lama dan jika keduanya memiliki bunyi yang sama berarti perhiasan tersebut adalah gelang perak asli.

  • Menggunakan magnet.

Tempelkan perhiasan Anda pada medan magnet asli, jika menghasilkan efek tarikan yang kuat, maka bisa dipastikan bahwa perak tersebut mengandung logam besi. Seharusnya perhiasan perak yang asli tidak dapat ditarik oleh magnet.

  • Menggunakan batu es.

Cara menguji perak yang satu ini sangat mudah. Perak asli adalah logam yang memiliki hantaran panas dengan baik, oleh karena itu semakin tinggi kadar peraknya, maka es batu juga akan mencair dengan cepat. Caranya cukup letakkan es batu di atas perhiasan perak Anda, cepat atau tidaknya es batu tersebut mencair dapat menentukan seberapa tinggi kadar perak murninya.

  • Menggunakan asam nitrat.

Cara menguji perak menggunakan asam nitrat adalah dengan meneteskannya di goresan perhiasan perak Anda dan lihat perubahan warnanya. Jika setelah terkena tetesan asam nitrat warna perhiasan perak Anda berubah menjadi hitam, maka bisa dipastikan bahwa perhiasan tersebut adalah perak asli.

  • Bertanya pada ahlinya.

Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lebih mengerti atau ahli tentang perhiasan perak untuk memastikan gelang yang akan Anda beli adalah perhiasan perak yang asli atau sekedar tiruan.

Baca juga Tips Mudah Melakukan Perawatan Gelang Perak

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat akan membeli gelang perak dan membedakan apakah perhiasan tersebut adalah perak asli atau palsu. Meskipun perak murni terbilang mahal, namun Anda juga kan mendapatkan kualitas dan keaslian yang sesuai jadi tidak perlu ragu untuk membelinya. Selain itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai investasi untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme