sketsamode.com

Sketsa Mode, Trend dan Gaya Hidup

3 Pengaruh Budaya Asing Pada Baju Adat Betawi

Betawi merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kekhasan baju adat yang unik. Baju adat Betawi terdiri dari tiga macam berdasarkan penggunaannya, yaitu baju adat keseharian, baju adat acara resmi dan baju adat pengantin. Baju adat keseharian adalah pakaian yang dikenakan ketika melakukan aktivitas sehari-hari. Baju adat acara resmi merupakan baju adat yang dikenakan ketika menghadiri acara-acara yang bersifat formal. Sedangkan baju adat pengantin merupakan baju yang dikenakan ketika melangsungkan pernikahan. Jadi penggunaan baju adat dari Betawi berbeda satu sama lain dalam pemakaiannya.

3 Pengaruh Budaya Asing Pada Baju Adat Betawi

Masing-masing gaya baju adat Betawi dipengaruhi oleh berbagai macam budaya. Berikut informasinya untuk Anda:

  1. Budaya Eropa. Jakarta yang dulunya menjadi pusat pemerintahan penjajah dari Eropa membuat budaya Eropa mempengaruhi budaya lokal. Ketika itu kota Batavia dihuni oleh beragam bangsa yang saling berinteraksi. Baju adat yang terpengaruh oleh gaya Eropa adalah baju adat resmi untuk pria. Penggunaan jas dan celana hitam panjang pada pakaian pria merupakan budaya khas Eropa yang telah mendunia.
  2. Budaya Arab. Baju adat sehari-hari Betawi terkena pengaruh budaya Arab dengan penggunaan baju koko oleh kaum pria. Bukan hanya baju koko saja, tetapi juga beberapa aksesoris lainnya seperti kain sarung yang disampirkan pada leher. Meski tidak terlalu kentara, budaya Arab telah berhasil mempengaruhi gaya busana adat suku Betawi. Adanya interaksi yang telah berlangsung sejak lama membuat budaya Arab telah menyatu dengan budaya lokal Betawi.
  3. Budaya Cina. Masyarakat Cina memang telah lama menyebar di berbagai wilayah di Indonesia terutama Jakarta. Budaya Cina juga banyak mempengaruhi budaya lokal termasuk baju adat. Pada baju adat suku Betawi yang terkena budaya Cina adalah busana pengantinnya. Care Haji dan Care None sebagai pakaian adat pengantin Betawi merupakan akulturasi budaya Cina dan Betawi.

Baca Juga : Inilah Macam Baju Adat Betawi dan Aksesoris Pendukungnya yang Perlu Anda Ketahui

Penggunaan baju adat sangat bermanfaat terutama dalam rangka melestarikan budaya lokal. Berbagai kegiatan mulai menggunakan pakaian adat menyesuaikan daerah masing-masing. Indonesia yang kaya akan budaya lokalnya memang harus benar-benar dijaga sehingga tidak akan hilang. Baju adat dari Betawi dilestarikan dengan banyak mengenakannya dalam acara-acara resmi maupun kasual. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang mengenakannya sehingga selain tetap lestari juga bisa dikenal luas di seluruh masyarakat.

Baju adat Betawi yang semakin populer untuk beragam kegiatan bisa Anda peroleh dengan mudah di toko online. Berbagai situs banyak yang menjual baju adat ini dengan variasi model, desain, ukuran dan harga yang beraneka ragam. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan berpakaian Anda sehingga tidak akan salah pilih karena baju adat ini terdiri dari beberapa macam yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sketsamode.com © 2018 Frontier Theme